10 MEI 2019
CATEGORY ARCHIVES : POPULER, BERITA,

Ibadah Sosial Produktif

By Abeng Dorojatun

10/05/2019

 

Ibadah Sosial Produktif

 

Ibadah Sosial Produktif

 

Selama ini ibadah kebanyakan hanya dipandang sebagai ritus-ritus formal yang notabene hanya berhubungan dengan pribadi dengan Tuhan atau dalam Islam disebut sebagai hablun minalloh. Sedangkan ibadah-ibadah yang bersifat sosial atau hablun minannas kemasyarakatan masih agak terpinggirkan.

Terlebih lagi untuk ibadah yang bersifat sosial produktif. Apa itu ibadah sosial produktif? Adalah ibadah sosial antar manusia yang bisa mengakibatkan feedback produktif atau hasil. Semisal contoh kecil berupa bantuan sosial yang berbentuk pinjaman tanpa bunga tanpa jaminan kepada pengusaha kecil semisal pedagang asongan ataupun pedagang kaki lima, dimana kebanyakan dari mereka sulit mengakses pinjaman perbankan berbunga rendah karena tiadanya jaminan atau agunan. Kalaupun ingin dapat pinjaman biasanya malah masuk ke jeratan pinjaman dari para rentenir.

Inilah salah satu contoh kecil daripada ibadah sosial produktif, ibadah hablun minannas yang mempunyai feedback hasil manfaat produktif.

Tentu dengan semisal pinjaman tanpa bunga tanpa agunan bagi pengusaha kecil tersebut akan sangat bermanfaat bagi meningkatnya pendapatan mereka yang tentunya mereka manfaatkan hasilnya untuk meningkatkan usaha mereka yang secara tidak langsung kesejahteraan keluarga mereka ikut terangkat, membantu terpenuhinya biaya sekolah anak-anak mereka, sedangkan pokok pinjamannya dikembalikan kepada penderma secara berangsur.

Bagi penderma (dermawan) yang memberi bantuan sosial produktif tersebut juga tidak rugi karena membantu orang lain merupakan amalan ibadah yang diperintahkan semua agama.

Hal ini tentunya akan lebih dahsyat lagi hasilnya bila penderma-penderma tersebut berkumpul di suatu organisasi atau lembaga kompeten sehingga kegiatan ibadah sosial produktif tersebut bisa dijalankan secara terorganisir dan profesional.

Selain itu, bila dana pinjaman tanpa bunga tanpa jaminan tersebut sudah kembali bisa diputar lagi kepada yang membutuhkan lainnya. Seiring bertambahnya waktu dana untuk ibadah sosial produktif tersebut tidak berkurang bahkan bertambah, karena mendapat suntikan dana sosial produktif dari penderma tersebut maupun dari penderma baru lainnya. Hebat bukan?

Tentunya dengan demikian menjadi amalan yang tidak terputus dan bukan merupakan suatu kegiatan yang konsumtif atau habis pakai, tapi merupakan suatu kegiatan produktif yang berkelanjutan.

"Keluarga besar Listrikmart.com mengucapkan selamat menjalankan ibadah Puasa Ramadhan 1440 H"

*) Adalah Senior Marketing Advisor di Listrikmart.com

 

Tags: Ibadah Sosial,


Tinggalkan Komentar



@PESAN INSTAN