07 JAN 2018
CATEGORY ARCHIVES : BERITA,

Metamorfosa Dari Karyawan Menjadi Pengusaha

By Administrator

07/01/2018

 

Metamorfosa Dari Karyawan Menjadi Pengusaha

 

Metamorfosa Dari Karyawan Menjadi Pengusaha

 

Perpindahan profesi dari karyawan menjadi pengusaha adalah suatu perpindahan profesi dengan beragam perbedaan karakteristik terutama pada mental dan budaya kerja. Akan sangat berbeda pada kedua aspek ini. Saat ini yang masih berprofesi sebagai karyawan dan bercita-cita menjadi pengusaha wajiblah untuk mengetahui, memahami dan menyiapkan nya.

 

#Metamorfosa Mental

 

Mental pegawai ada dua kondisi, yaitu kondisi saat jadi bawahan dan kondisi saat jadi atasan. Saat jadi bawahan, mental seorang pegawai adalah seorang yang siap diperintah dan melaksanakan tugas dengan baik. Sedang saat jadi atasan atau kerja sudah punya jabatan mapan, mental pegawai adalah siap memerintah dan dilayani oleh anak buahnya. Juga disungkani tentunya hehe..

 

Saat bermetamorfosa menjadi pengusaha, kondisinya mentalnya berubah menjadi siap pakai dan siap sedia. Siap melayani dan menerima "perintah". keinginan customer sekaligus punya mental siap eksekusi dan terbiasa membuat keputusan, melaksanakan, mengontrol pelaksanaan sekaligus siap menerima resiko hehe.. Resiko berhasil ataupun resiko gagal beserta konsekuensinya. Konsekuensi berhasil tentu banyak yang siap, tetapi konsekuensi gagal banyak yang tidak siap, karena seorang pengusaha wajib bangkit lagi pada saat gagal. Bagi pengusaha, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Tidak ada yang namanya kegagalan jika disaat terjadi kegagalan, seorang pengusaha bangkit dan berjuang lagi menuju sukses. Inilah mental pengusaha.

 

# Metamorfosa Budaya Kerja

 

Seorang karyawan mempunyai budaya kerja fokus di salah satu bidang pekerjaan sesuai jobnya saja. Berbeda dengan budaya kerja pengusaha yang terbentuk karena harus mengurusi pekerjaan dari hulu sampai hilir dan tidak terbatas pada spesialisasi tertentu. Semisal pengusaha ritel yang punya toko, dia harus punya budaya siap sedia mengurusi dan mengendalikan pekerjaan mulai dari pemilihan barang dagangan, pembelian barang dagangan, penjualan, pencatatan transaksi, pengaturan cash flow dan masih banyak lagi. Semua alur pelaksanaan pekerjaan sudah menjadi alur kebiasaan seorang pengusaha yang akhirnya menjadi budaya kerja. 

 

Maka pada endingnya atau hasil yang dicapai seorang pengusaha biasanya lebih baik daripada pegawai, baik disisi material maupun mental, baik disisi kekayaan finansial maupun tanggap menghadapi perubahan jaman. Hal itu tidak lepas dari rangkaian kehidupan yang membentuk mental dan budaya kerja yang berbeda.

 

Tags: Metamorfosa, Karyawan, Pengusaha,


Tinggalkan Komentar




Komentar

irfan
Reply

saya mau daftar bisa pak?

10-01-2018
Administrator
Reply

silakan pak... hub infolistrikmart@gmail.com atau wa 081228899079

27-12-2018
@PESAN INSTAN