28 NOV 2017
CATEGORY ARCHIVES : POPULER,

Murah Atau Mahal Adalah Persepsi

By Administrator

28/11/2017

 

Murah Atau Mahal Adalah Persepsi

 

Murah Atau Mahal Adalah Persepsi

 

Keuntungan kita dapatkan ketika harga jual lebih tinggi daripada harga beli. Kemampuan kita menentukan harga "murah" adalah suatu keuntungan. Kemampuan kita menanamkan harga "murah" dibenak pelanggan adalah keuntungan plus bagi toko kita. 

Ingat sekali lagi bahwa untung kita dapatkan ketika harga jual kita lebih tinggi dari harga beli kita (yang sudah ditambah biaya-biaya).

 

Harga murah bukan berarti kita lakukan banting harga. Karena kalau kita banting harga yang terjadi adalah margin keuntungan jadi kecil bahkan bisa rugi. Sudah tidak jaman menentukan harga "murah" hanya berdasar prosentase margin yang mepet. Jaman sudah berubah, banyak variabel penyebab harga dikatakan murah. Variabel tersebut bisa berupa diskon, kelangkaan barang, gaya hidup, musim, lokasi, kualitas barang dan lain-lain. 

 

Jadi harga "murah" itu bukan berarti kita sebagai retailer ambil untung mepet atau kalau perlu rugi. Begitu pula harga "mahal" bukan berarti kita ambil untung banyak dan prosentase margin profit tinggi. Tapi harga murah atau mahal itu merupakan persepsi yang ada di kepala customer kita.

 

Masih belum paham juga? Saya ulangi ya.. "Harga murah atau harga mahal itu adalah persepsi customernya (pelanggan) kita, bukan karena margin profit yang tinggi atau margin profit yang rendah". Karenanya.. kalau Anda ingin persepsi customer Anda bilang toko Anda murah, yang wajib Anda lakukan adalah: bangunlah persepsi pelanggan Anda dengan diskon, hadiah, potongan harga, promo dan lain-lain.

 

Tags: Mahal, Murah, Persepsi,


Tinggalkan Komentar



@PESAN INSTAN